Berita » Wanita Tani Penggiat P2KP Tuban Berlatih di Balitkabi

1-atubanp2kp

Ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis. Implementasi Gerakan Percepatan Penganekaraganam Konsumsi Pangan (P2KP) diharapkan menjadi sangat penting untuk dilaksanakan seiring dengan melonjaknya tingkat konsumsi beras. Upaya untuk mewujudkan hal tersebuat adalah dengan pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan pengembangan usaha pengolahan pangan lokal. Untuk itu Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kabupaten Tuban mengirimkan KWT dari delapan kecamatan di Tuban untuk mempelajari proses pengolahan pangan berbahan baku umbi-umbian. Sejumlah 20 anggota KWT telah mengikuti pelatihan di Balitkabi pada hari Selasa (8/1). Mereka didampingi Agung Pratama, Kabid Pengendalian Ketahanan Pangan BPPKP Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut Pak Agung menyampaikan bahwa pelatihan ini sementara difokuskan pada Kelompok Wanita Tani. Harapannya kelembagaan KWT berperan positif dalam upaya meningkatkan gizi keluarga melalui pemanfaatan pekarangan, menurunkan konsumsi beras, menurunkan angka kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja. Pak Agung menambahkan, setiap KWT didampingi oleh Penyuluh Pendamping Kecamatan, Penyuluh Pendamping Kabupaten, dan Satker BPPKP Kabupaten.

Kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie dalam sambutannya mengajak untuk semaksimal mungkin memanfaatkan teknologi dalam mewujudkan ketahanan pangan. “Pemanfaatan umbi-umbian sebagai pangan fungsional dengan teknologi akan menambah nilai ekonomis dan citra produk pangan”, terang Pak Muchlish.

Pembukaan pelatihan diawali dengan penyampaian materi varietas unggul umbi-umbian dan beragam produk olahannya oleh Ir. Erliana Ginting, M.Sc., peneliti pascapanen. Selesai materi para penggiat kaum perempuan dikejutkan dengan display pangan olahan yang telah disiapkan oleh tim laboratorium pascapanen. Dipandu tiga instruktur dari lab Pascapanen, KWT tersebut praktik mengolah berbagai macam aneka produk pangan dari umbi-umbian seperti brownies ubikayu, cassava blanca, es cream ubi jalar, martabak manis ubi jalar, kue mangkuk ubi jalar, onde-onde ubi jalar, dan mi mbote.

SBE/AW