Berita ยป Warna-Warni Kemasan Tape Singkong

Tape singkong, makanan yang juga menjadi penggerak ekonomi

Tape singkong, makanan yang juga menjadi penggerak ekonomi

Tape, tapai, atau tapay, merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, yang telah mengalami proses fermentasi. Makanan tradisional tersebut tidak hanya terdapat di Indonesia, namun juga dijumpai dibeberapa kawasan negara Asia. Di Indonesia, yang lebih terkenal dan memiliki pasar luas adalah tape singkong (ubikayu), walaupun terdapat pula tape ketan hitam, tape beras, bahkan di beberapa tempat juga terdapat tape sukun dan tape ubi jalar.

Penyajian tape singkong beragam antar daerah di Indonesia. Di Jawa Barat, yang lebih terkenal dengan nama peuyeum, tape singkong berasal dari satu batang umbi ubi kayu. Di tempat lain, disajikan dan dijual dalam bentuk potongan dari umbi. Bahkan juga ditemukan tape dibuat dalam bentuk irisan-irisan umbi singkong. Beragam dan telah menyebarnya makanan tape tersebut, tidak mengherankan jika proses penjualannya juga menjadi sangat beragam.

Di Jawa Timur, kota Bondowoso seringkali menjadi ikon tape singkong. Pengemasan tape singkong sudah sangat beragam, dari yang dibungkus dengan pembungkus sederhana, dalam kotak plastik, kotak anyaman bambu (besek), bahkan yang meluas adalah menggunakan pembungkus karton. Warna-warni pembungkus karton sangat variatif, tentu dalam rangka menarik pembeli. Label yang ada dalam pembungkus umumnya menggunakan jargon tape manis, tape kuning, atau tape madu. Demikian juga, produk turunan dari tape singkong sudah sangat beragam.

Kualitas tape selalu menjadi pegangan produsen tape dalam mempertahankan nilai pemasarannya. Penentu kualitas tapenya adalah jenis umbi ubi kayu yang digunakan, bahkan beberapa produsen menyebutkan juga asal daerah dari umbi juga menentukan kualitas tape. Salah satu produsen tape terbesar di Jember menyampaikan, sehari memerlukan tidak kurang dari 1.300 kg umbi. Asal umbi menjadi pertimbangan, agar tape yang dihasilkan tidak mblenyek (terlalu lunak), sehingga kadar air umbi harus rendah.

Satu lagi produk pertanian telah menjadi sumber penggerak perekonomian.

MMA

tape1 tape2 tape3
tape4 tape5 tape6
Contoh beragamnya bentuk penjualan tape singkong.