Berita » Webinar Propaktani: Kacang Hijau Komoditi Pangan Potensial

Dr. Rudi Iswanto sebagai salah satu narsum webinar

Dr. Rudi Iswanto sebagai salah satu narsum webinar

Kacang hijau sebagai salah satu komoditas tanaman pangan, belakangan ini semakin banyak dilirik dalam hal pengembangannya.

Dr. Rudi Iswanto, pemulia kacang hijau Balitbangtan di Balitkabi, menjadi salah satu narasumber pada webinar Propaktani tentang ‘”Kacang Hijau Komoditi Pangan Potensial”, 11 Agustus 2021.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan (Dr. Ir. Suwandi, M.Si), sebagai keynote speaker pada webinar tersebut, menyampaikan bahwa kacang hijau sebagai salah satu komoditas pangan potensial, layak dipertimbangkan dari segi perluasan areal dan peningkatan produktivitasnya.

Beliau juga menekankan agar Balitkabi dapat meningkatkan kapasitas riset, terutama budidaya tumpangsari dengan komoditas lain dan pengembangan di lahan salin.

Kasubdit Aneka Kacang Direktorat Akabi memaparkan bahwa dalam 8 tahun terakhir, pemenuhan kebutuhan kacang hijau masih belum dapat dipenuhi dari produksi dalam negeri.

Prof. Dr. Ali Khomsan (IPB) tidak kalah menarik, yaitu pemanfaatan kacang hijau untuk mengatasi masalah stunting.

Dr. Rudi Iswanto mewakili Balitkabi, menjawab tantangan tentang budidaya kacang hijau untuk mendongkrak produktivitas dan produksi kacang hijau secara nasional dengan 9 kunci sukses yang dimulai sejak penyiapan lahan hingga pascapanen.

Diskusi berlanjut dengan paparan yang disampaikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kudus dan Demak serta testimoni dari kelompok tani. Harapannya pengembangan kacang hijau dapat menyentuh Aceh sampai Merauke.

Semoga harapan besar petani kacang hijau bisa dipertimbangkan oleh para pengambil kebijakan.

vima2 vima3
Direktur Jenderal Tanaman Pangan sebagai keynote speaker (kiri) dan paparan dari Prof. Dr. Ali Khomsan (kanan)

RI