Berita » Webinar Public Speaking: Kiat Mudah Berpidato di Depan Umum

berita-220225-publicspeaking-a

Perpustakaan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Penerbit Erlangga menyelenggarakan Webinar Bedah Buku & Online Sharing pada Jum’at, 25 Februari 2022, melalui kanal Zoom yang diikuti oleh 100 peserta, termasuk Tim Medsos dan Humas dari Balitkabi.

Webinar yang mengusung tema “Public Speaking: Kiat Mudah Berpidato di Depan Umum” ini menghadirkan pembicara sekaligus penulis buku, yaitu Prof. Dr. H. Suwatno, M.Si. selaku Guru Besar bidang Ilmu Komunikasi Organisasi, dan Direktur Direktorat Kemahasiswaan, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Acara ini membahas hal-hal dan persiapan dalam melakukan public speaking serta kiat menjadi pembicara publik yang efektif, termasuk menyampaikan presentasi dengan menggunakan bantuan teknologi.

Ka.Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian pertanian saat memberikan sambutan

Ka.Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian saat memberikan sambutan

“Saya tentu berharap Prof. Suwatno dapat menyampaikan ide-ide yang bisa kita diskusikan. Menjadi lesson learned atau pembelajaran dari buku ini yang bisa kita implementasikan bukan hanya sebagai ilmu saja, tetapi juga dapat diterapkan kepada rekan-rekan bagian Humas, bukan hanya di Kementerian Pertanian tetapi juga di Kementerian dan Lembaga lain yang hadir pada webinar ini”, ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri, S.P., M.Agr., Ph.D. di awal sambutannya.

“Bagaimana menyampaikan ide-ide tidak hanya dalam bentuk pidato, tetapi bisa berupa diskusi, dialog, bahkan podcast dan berbicara di media sosial, dan sebagainya. Karena saat ini banyak sekali fasilitas dan kanal yang dapat digunakan untuk menyampaikan ide-ide melalui media sosial dalam bentuk public speaking“, tambahnya.

Suwatno mengawali paparannya dengan menyampaikan prinsip utama public speaker, yaitu:

  • Ketika kita berbicara yang perlu diperhatikan adalah Plan Your Work, atau merencanakan apa yang akan dibicarakan
  • Kedua adalah Work Your Plan, yang berarti kerjakan apa yang kita rencanakan

“Jadi jangan sampai kita berbicara tanpa dikonsep, tanpa direncanakan dengan baik. Ini harus menjadi kehati-hatian sebagai public speaker, supaya tujuan bisa tercapai dan organisasi kita bisa sukses”, imbuhnya.

Prof. Dr. H. Suwatno, M.Si (kiri) saat memberikan materi

Prof. Dr. H. Suwatno, M.Si (kiri) saat memberikan materi

Lebih lanjut Suwatno menjelaskan bahwa menjadi seorang public speaker yang handal dan profesional itu bukanlah given (bakat), melainkan kemampuan yang harus dilatih secara terus-menerus. Materi yang selanjutnya dibahas pada webinar ini adalah:

  1. Konsep Dasar Public Speaking
  2. Karakter yang Perlu Dimiliki oleh Public Speaker
  3. Teknik dalam Public Speaking
  4. Kendala dalam Public Speaking, seperti mengatasi gugup di hadapan audiens
  5. Etika dalam Public Speaking
Sesi diskusi dan pertanyaan di akhir webinar

Sesi diskusi dan pertanyaan di akhir webinar

AN