Berita ยป Workshop Forum Profesor Riset Badan Litbang Pertanian

Pertemuan Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) Badan Litbang Pertanian diselenggarakan di Hotel Suite Padjajaran, Bogor pada tanggal 21 September 2013 dihadiri oleh lebih kurang 32 peserta profesor riset (PR) Badan Litbang Pertanian. Tujuan kegiatan adalah membahas Policy Brief (PB) yang belum selesai dibahas dalam pertemuan FKPR di Tapos, Bogor pada bulan Maret 2013 yang lalu. Pertemuan dibuka secara resmi oleh Ketua FKPR Badan Litbang Pertanian (Prof.Dr. Kusumo Dwiyanto) yang dalam kesempatan tersebut sekaligus mengevaluasi hasil-hasil yang telah dilakukan FKPR pada tahun 2013, dilanjutkan oleh Prof. Dr. Husein Sawit tentang tata cara pembahasan PB dan diharapkan agar PB segera diperbaiki sesuai saran/pembahasan dan dikirim kembali ke FKPR. Peserta dibagi ke dalam dua Grup Diskusi. Pada kesempatan tersebut empat PR dari Balitkabi menyampaikan PB sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Nasir Saleh: Pengembangan Agroindustri ubikayu; Program Pembangunan Pertanian yang perlu diprioritaskan.
  2. Prof. Dr. Marwoto: Revitalisasi Jabalsim untuk kemandirian benih kedelai
  3. Prof. Dr. Astanto Kasno: Pengembangan pertanian aneka tanaman kacang dan umbi di kawasan perbatasan Kalimantan dan Timor
  4. Prof. Dr. Arif Harsono: Terobosan upaya peningkatan produksi kedelai untuk mencapai swasembada.

Pada acara tersebut juga diundang narasumber dari LIPI, yaitu Prof.Dr. Eny Sudarmonowati, Kapusbindiklat LIPI yang menyampaikan makalah: Strategi dan Kebijakan LIPI dalam upaya Peningkatan Posisi dan Legislasi Profesor Riset, yang pada dasarnya berisi penyiapan RUU peneliti dan penelitian, pembedaan kompetensi PR dengan jenjang Peneliti Utama. Juga disampaikan telah terbentuk Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) yang akan menyelenggarakan Kongres I pada 17 Oktober 2013 di Jakarta.


Prof. Dr. Eny Sudarmonowati tengah menyampaikan presentasi dengan moderator Prof. Dr. Irsal Las.

NS/AW