Berita » Workshop Pemulia Lingkup Badan litbang Pertanian

pemulia1

Workshop Pemulia Lingkup Badan Litbang Pertanian dengan tema Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumberdaya Genetik Pertanian untuk Peningkatan Produksi Pangan Nasional melalui Inovasi Teknologi telah dilaksanakan di Palembang pada tanggal 25-27 Oktober 2013. Workshop diikuti oleh 97 pemulia dari Puslitbang Tanaman Pangan, Puslitbang Tanaman Perkebunan, Puslitbang Peternakan, dan Puslitbang Hortikultura. Lima peneliti Balitkabi (Joko Purnomo, Sholihin, Heru Kuswantoro, Apri Sulistyo, dan Novita Nugrahaeni) termasuk diantara peserta workshop. Sambutan selamat datang kepada seluruh peserta disampaikan oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili asisten IV. Pembukaan workshop dilakukan oleh Kepala Puslitbang Tanaman Perkebunan dan dilanjutkan dengan pembacaan pengarahan Kepala Badan Litbang Pertanian yang disampaikan oleh Kepala Puslitbang Hortikultura.

Pada hari pertama disampaikan presentasi tentang SDM, fasilitas, capaian hasil, dan rencana program pemuliaan dari masing-masing Puslitbang. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan materi berjudul Percepatan Pemuliaan dan Penyediaan Benih Berkelanjutan Melalui Analisis Genomik, dan Dampak Ekonomis Investasi R dan D Genomik di Indonesia.

Selain presentasi dan diskusi, dilakukan kunjungan lapang ke pertanaman cabai petani di desa Lubuk Saung, Kec. Banyuasin III Kabupaten Musi Banyuasin, Balai Pembibitan Sapi dan Ayam di Sembawa, dan UPTD Pangan dan Horti di Kenten, Palembang. Tanaman cabai merupakan usahatani yang sangat menguntungkan petani di desa tersebut. Penghasilan bersih yang bisa diraup mencapai lebih dari 100 juta per ha per musim.

Workshop menghasilkan rumusan dan rencana tindak lanjut diantaranya adalah perlunya dilakukan pendalaman pemahaman partisipatory breeding yang bisa diimplementasikan dalam kegiatan pemuliaan di Badan Litbang Pertanian, sosialisasi Permentan tentang pemindahan materi SDG, sharing informasi SDG melalui pembuatan pangkalan data, dan penataan sistem pengelolaan plasma nutfah. Berkaitan dengan hal tersebut akan dibentuk tim-tim kecil yang akan bertemu dan membahas masing-masing agenda.

Gambar 1. Suasana workshop dan kunjungan lapang pada saat workshop pemulia lingkup Badanlitbangtan, Palembang 25-27 Oktober 2013

NN/Eriy