Berita ยป Workshop Tahunan Forum Komunikasi Profesor Riset Badan Litbang Pertanian 2013

Prof. Dr. Lukman Hakim, ketua LIPI (kiri) dan Prof.Dr. Bustanul Arifin (Universias Lampung)(kanan) sedang berdiskusi dengan peserta workshop.

Empat Prof.Riset Balitkabi yaitu: Prof.Dr.Nasir Saleh, Prof.Dr.Sudaryono, Prof.Dr. Subandi dan Prof.Dr.Arif Harsono mengikuti Workshop tahunan Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) Badan Litbang Pertanian yang diselenggarakan di Tapos-Bogor, 25-28 maret 2013. Pertemuan dihadiri oleh 85 peserta yang terdiri atas Kepala dan Staf Badan Litbang Pertanian, Kepala Pusat Penelitian/Balai Besar lingkup Badan Litbang Pertanian dan 70 profesor riset Badan Litbang Pertanian. Workshop dengan tema Tanggungjawab dan Peran Professor Riset pada Kurva Kedua Badan Litbang Pertanian dan Menjawab Tantangan Pembangunan Pertanian 2015-2019 bertujuan untuk: (a) Memfasilitasi terjadinya interaksi yang intensif professor riset lintas bidang keahlian sehingga memungkinkan terhimpunnya pemikiran cerdas tentang kegiatan professor riset dalam menjawab tantangan pembangunan pertanian ke depan, serta kesiapan Badan Litbang Pertanian memasuki kurva ke dua pengembangannya. (b) Memfasilitasi terjadinya dialog yang intensif dalam berbagai siding kelompok yang pada akhirnya dapat dirumuskan beberapa pemikiran terutama terkait dengan Renstra Litbang 2015-2019, panduan pembangunan pertanian wilayah perbatasan dan lahan sub-optimal, panduan litkaji dan managemen Balit serta BPTP, penyusunan buku dan policy brief, dan (c) Mereview dan mengevaluasi hasil dan membahas rencana kegiatan Kunker Tematik wilayah Perbatasan dan lahan sub-optimal, sekaligus mensintesis pembelajaran yang patut diacu dalam perbaikan kesisteman Badan Litbang Pertanian.

Workshop dibuka secara resmi pada Senin, 25 Maret 2013 oleh Kepala Badan Litbang Pertanian yang menyampaikan program Badan Litbang memasuki kurva ke-2 yaitu pembangunan fasilitas dan SDM, serta peningkatan kerjasama penelitian dalam negeri dan luar negeri. Diharapkan ke depan Badan Litbang Pertanian mencapai tataran Science, Innovation dan Network leader/champion di dunia.

Pada workshop tersebut dibahas Pidato kunci Wamen Pertanian (Dr. Rusman Heriawan ), dan presentasi dari Wamen Dikbud (Prof.Musliar Kasim: Kemitraan Profesor Riset dan Guru Besar dalam proses Ajar mengajar di Perguruan Tinggi), Kepala LIPI (Prof.Dr. Lukman Hakim: Profesor Riset: Posisi, tanggungjawab, dan Hak) dan (Staf ahli Kementan,Prof. Bustanul Arifin: Implementasi Strategi Induk Pembangunan Pertanian 2013-2045).

Prof. Dr. Lukman Hakim, ketua LIPI (kiri) dan Prof.Dr. Bustanul Arifin (Universias Lampung)(kanan) sedang berdiskusi dengan peserta workshop.

Pada sidang pleno juga dibahas beberapa topik internal Badan Litbang Pertanian yaitu: Pokok-pokok pikiran Renstra Badan Litbang Pertanian 2015-2019 (oleh Prof.Djoko Said Damardjati), Kiat-kiat Penyusunan Policy brief dan Penulisan buku tematik (oleh Prof. Husein Sawit), dan Inovasi, Pendampingan-Detasering Peneliti Muda dan Pengembangan Kunjungan Kerja 2013-2014 (oleh Prof.Irsal Las).

Pada sidang kelompok dibahas: (1) Pedum Kelembagaan Balit, (2) Peningkatan Kinerja BPTP dan Kelembagaan BPTP, (3) Renstra Badan Litbang Pertanian 2015-2019, (4) Optimalisasi peran Prof. Riset/Peneliti Utama, dan (5) Sistem Perencanaan Pembangunan Wilayah dengan dukungan Litkaji.

Setelah acara sidang kelompok dan sidang pleno, pada hari ke tiga (27/3), sore harinya dilakukan Malam silaturahmi dan keakraban yang dihadiri oleh anggota FKPR yang telah Purnabakti.

Pada hari terakhir (Kamis, tanggal 28 Maret 2013), dibacakan Rumusan Sementara oleh Prof.Dr. Suyamto yang berisi 19 butir-butir Pemikiran Profesor Riset pada kurva kedua Badan Litbang Pertanian dan Tantangan Pembangunan Pertanian 2015-2019, dilanjutkan Penutupan workshop oleh Kepala Badan Litbang Pertanian.

Prof. Nasir/AW