Booklet » Gatra Agronomi Kacang Tanah – 2021

cover-kacang-tanah-thumbBuku “Gatra Agronomi Kacang Tanah” ini disusun untuk memenuhi kebutuhan para praktisi usahatani kacang tanah, dan juga dapat digunakan oleh para akademisi sebagai bahan ajar budidaya tanaman aneka kacang di perguruan tinggi.

Buku ini menguraikan berbagai aspek Agronomi kacang tanah, mulai dari nilai penting kacang tanah sebagai cast crop, kebutuhan, produksi dan peluang peningkatan produksinya secara nasional dibahas pada Bab I.

Bab II membahas perkembangan perakitan varietas unggul dan teknik budidaya kacang tanah mulai dari tahun 1951 hingga 2020 dikaitkan dengan peran Lembaga Penelitian yang ada di Indonesia.

Bab III-IV mengupas sifat morfologi dan fisiologi tanaman kacang tanah, serta kesesuaian lahan dilihat dari lingkungan atmosfer dan rhizosfer untuk budidaya kacang tanah.

Bab V-VI. membahas tekanan lingkungan yang dapat mejadi pembatas produktivitas tanaman, potensi lahan, peluang dan tantangan peningkatan produksi kacang tanah di Indonesia.

Bab VII- VIII menyajikan inovasi hasil-hasil penelitian kacang tanah pada lahan kering dan lahan sawah, pengelolaan tanaman terpadu, dan stategi pengembangannya.

Apa yang tertuang dalam buku ini tentu masih banyak kekurangannya, untuk itu kritik dan saran perbaikan dari pembaca untuk perbaikan buku ini sangat dinantikan penulis. Semoga kehadiran buku ini bermanfaat bagi para pembacanya.

Download