Info Teknologi » Penyakit Leles pada Tanaman Ubi Kayu: Penyebab dan Strategi Pengendaliannya

leles

Di Indonesia, penelitian penyakit pada tanaman ubikayu belum banyak dilakukan. Beberapa penyakit yang telah dilaporkan antara lain penyakit bercak daun (Cercospora henningsii, C. viscosae), anthraknose (Colletotricum spp.), bakteri hawar (Xanthomonas campestris pv. manihotis), bakteri kayu (Pseudomonas solanacearum), dan virus mosaic.

Pada beberapa tahun terakhir dikeluhkan oleh petani di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung adanya penyakit dengan gejala tanaman menjadi layu dan mati, dan apabila dicabut pangkal batang dan perakaran busuk. Pada tanaman yang tua, selain pangkal batang dan akar, sebagian atau seluruh umbinya juga menjadi busuk. Secara umum petani menyebut dengan penyakit “leles” dan menurut mereka merupakan penyakit yang paling merugikan pada tanaman ubikayu.

Di negara-negara lain penghasil ubikayu dikenal adanya penyakit root rot dengan karakteristik gejala yang sama dengan penyakit leles, yang ditunjukkan dengan defoliasi, layu dan akhirnya tanaman mati. Apabila tanaman sakit dicabut, terlihat bagian pangkal batang, perakaran dan umbi sebagian atau seluruhnya busuk.

Full Text (PDF)