Laporan Tahunan ยป 2018

 

laporan-akhir-taunTahun 2018 merupakan tahun perbenihan, berbagai program kegiatan diluncurkan dalam rangka penyediaan benih guna mendukung percepatan swasembada kedelai telah dilaksanakan. Upaya Balitkabi dalam mendukung program perbenihan tersebut terlihat dari telah berhasil diselenggarakan beberapa kegiatan, diantaranya Gelar Lapang Inovasi Pertanian (GLIP) yang didalamnya terdapat BUDESA (Teknologi Budidaya Kedelai di Lahan Sawah), BUDENOPI (Budidaya Kedelai No [Bebas] Pestisida Kimia Mendukung Swasembada), KEPAS (Kedelai Lahan Pasang Surut), BIODETAS (Pengembangan Teknologi Budidaya Kedelai dengan Pupuk dan Pestisida Hayati pada Sawah Tadah Hujan) dan BUDENA (Teknologi Budidaya Kedelai pada Lahan Naungan).

Bahkan ditahun 2017 juga telah menyelenggarakan kegiatan besar berupa gelar teknologi dalam rangka mendaratkan teknologi budi daya dan penyediaan benih kedelai, yaitu teknologi Biodetas di Sulawesi Selatan dan Kepas di Jambi, seluas 50 hektar di masing-masing lokasi. Disamping itu beberapa kegiatan diseminasi perbenihan juga telah dilaksanakan di beberapa daerah yaitu di Banyuwangi, Jember, dan Indramayu.

Program percepatan peningkatan produksi kedelai yang dicanangkan oleh pemerintah meliputi Kawasan Mandiri Benih, Upsus Kedelai dan sebagainya memerlukan penguatan produksi benih sumber. Balitkabi diharapkan dapat lebih cepat memacu dan kerja keras demi terwujudnya swasembada pangan terutama kedelai yang menjadi tupoksi Balitkabi, mengingat tantangan kedepan akan penyediaan kebutuhan pangan akan lebih berat.

Upaya mencari terobosan jitu senantiasa dilakukan oleh Balitkabi guna mendukung program yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pertanian termasuk ketersediaan varietas unggul baru, teknologi budi daya, pengendalian organisme pengganggu tanaman, pascapanen, dan analisis kelayakan usahatani. Peran yang tidak kalah pentingnya adalah Diseminasi, dimana hasil-hasil penelitian harus segera disebarluaskan misalnya teknologi baru. Penggunaan berbagai media sosial juga dilakukan untuk digunakan sebagai media penyebar informasi diantaranya melalui Website dan media sosial lainnya.

Penghargaan dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada tim penyusun, para penanggung jawab RPTP, RDHP, dan RKTM tahun 2018 dan tak terkecuali semua pihak yang telah membantu tersusunnya laporan tahunan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat dalam menyampaikan informasi singkat hasil penelitian tanaman aneka kacang dan umbi dan dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan peningkatan produktivitas serta pemanfaatan tanaman aneka kacang dan umbi sebagai pasok pangan.

Full Download