Laporan Tahunan ยป 2020

whatsapp-image-2021-04-19-at-2-25-05-pmPuji syukur kehadirat Allah SWT, Laporan Tahunan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi 2020 selesai disusun. Secara umum, Balitkabi berhasil merealisasikan target-target kegiatan yang direncanakan untuk tahun 2020 sesuai yang tercantum dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) meskipun sebagian kegiatan tidak dapat terlaksana dengan optimal karena adanya refocusing kegiatan pada masa pandemi Covid-19.

Capaian kinerja yang berhasil direalisasikan yaitu: (1) pelepasan dua varietas unggul baru kedelai, satu varietas unggul baru kacang tanah, dan satu varietas porang, (2) terkarakterisasi, terejuvinasi, terevaluasi, dan terkoleksinya sumber daya genetik tanaman aneka kacang dan umbi, (3) rakitan teknologi budidaya aneka kacang dan umbi, (4) tersedia dan termanfaatkannya benih sumber aneka kacang dan umbi, serta (5) terdiseminasinya hasil-hasil penelitian tanaman aneka kacang dan umbi. Kegiatan diseminasi disesuaikan dengan kondisi masa pandemi yaitu mengurangi pengumpulan massa dan mengoptimalkan platform diseminasi daring melalui website, narasumber webinar, dan lain-lain.

Penghargaan dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah bekerja keras melaksanakan semua kegiatan penelitian maupun non penelitian sehingga target kinerja Balitkabi pada tahun 2020 dapat tercapai. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk memberikan informasi terutama teknologi aneka kacang dan umbi. Kami juga berharap laporan ini berguna untuk membangun kinerja khususnya penelitian dan pengembangan tanaman aneka kacang dan umbi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pengembangan IPTEK .

Laporan Tahunan 2020 Balitkabi dapat diunduh Disini.