Booklet ¬Ľ Sejarah, Tugas Pokok, dan Kinerja UPBS Agro Inovasi Akabi

cover-upbs-ok_web

Balitkabi (Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi) adalah satu-satunya UPT Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian yang ditugasi untuk memproduksi dan mendistribusikan benih sumber Akabi, terutama kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubikayu, dan ubijalar. Sasaran distribusi benih sumber tersebut adalah sentra produksi komoditas, sesuai pesanan pengguna/stakeholder. Stakeholder utama benih sumber Akabi adalah BPTP dan Dinas Pertanian. Produksi benih sumber Akabi menempati posisi strategis dalam perencanaan dan proses penyediaan benih sebar guna pengembangan komoditas tersebut secara nasional.

Produksi benih sumber (BS dan BD) dilaksanakan oleh Unit/Kelembagaan internal di Balitkabi, yakni UPBS (Unit Pengelolaan Benih Sumber) Akabi. UPBS Akabi adalah “UPBS Agro Inovasi Akabi Badan Penelitian dan ¬†engembangan Pertanian”. UPBS Agro Inovasi Akabi sejak tahun 2010 secara resmi telah mendapat Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dari Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu (LSSM) Benih & Bibit yakni PT Agri Mandiri Lestari.

Untuk keperluan publik dan penelusuran capaian produksi benih sumber beserta distribusinya ke berbagai provinsi/kabupaten maupun capaian produksi benih kelas di bawahnya, data mengenai produksi benih sumber meliputi: varietas, jumlah, kelas benih, dan daerah dimana benih sumber tersebut terdistribusi, dirasa perlu untuk dipublikasikan dalam bentuk buku, sekaligus untuk menunjukkan kinerja UPBS Agro Inovasi Akabi, setidaknya sejak tahun 2013 hingga 2016. Dalam buku ini juga diinformasikan mengenai sejarah berdirinya UPBS Agro Inovasi Akabi.

Download