Tamu Kunjungan » Kenalkan Pertanian Sejak Dini pada Siswa PAUD

insan_c_4_set

Para belia ini merupakan calon-calon pemimpin masa depan. Agar para belia ini mengenal pertanian sejak dini, maka para Bunda (guru) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Insan Cendekia Bululawang Kab Malang mengajak 100 siswa didiknya ke Balitkabi. Mereka terdiri dari siswa Kelompok Bermain (play group), dan Taman Kanan-Kanak.

 

Sebelum berkeliling ke kebun, setelah memperkenalkan diri dan bertegur sapa dengan mereka, Pak Achmad Winarto memberikan penjelasan bahwa tempe itu bergizi tinggi, murah, tersedia di mana-mana, dan merupakan lauk pauk yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Yang lebih penting dan harus dibanggakan adalah “Tempe itu hasil karya Bangsa kita, anak-anak!” tegas Pak Win. Selanjutnya disampaikan pula bahwa tempe dan tahu terbuat dari kedelai. Kantor ini menghasilkan teknologi untuk membantu pak tani agar kedelai yang ditanam memberi hasil tinggi. “Agar anak-anak tetap bisa menikmati tahu, tempe, susu kedelai, dan rempeyek dengan harga terjangkau”, tutur pak Win.

Bersama para Bundanya dan beberapa orang tua siswa, mereka diajak berkeliling ke Kebun Kendalpayak, ke Fasilitas Penelitian di Balitkabi, serta ke melihat para ibu yang sedang memroses benih kacang-kacangan. Pak Winarto yang mengawal anak-anak bersama Bu Nur Chasanah, juga mengajak anak-anak meninjau cold storage. “Kulkas raksasa ini untuk menyimpan benih agar tahan lama”, kata Pak Win.

 


Di kebun anak-anak ditunjuki dan dijelaskan tanaman ubikayu, ubijalar, kedelai, kacang tanah. Di tengah penjelasannya adakalanya Pak Win, mengajak mereka bernyanyi, memberi pertanyaan untuk mereka, mengajari nyanyian tentang tahu dan tempe, bahkan untuk mencegah suasana gaduh Pak Win mengomando anak-anak untuk menyanyikan yel-yel PAUD Insan Cendekia. Untuk mempertebal keyakinan anak-anak bahwa dengan ilmu dan teknologi ubijalar dapat diproses menjadi makanan bergizi, mereka pun, pada akhir kunjungan, disuguhi es krim ubijalar dan kue yang dibuat dari umbi-umbian.

Semoga sukses anak-anak!

AW